Pematangsiantar,{Bhayangkara News}|| Warga di Pematangsiantar dikejutkan dengan adanya serangan teror bom pada Jumat (12/5/2023) siang. Sebuah benda mirip bahan peledak di lempar oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di depan salah satu toko di Jalan Patuan Anggi Kelurahan Baru Kecamatan Siantar Utara tepatnya di kawasan bisnis Parluasan.

Menurut saksi mata yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP), seorang petugas parkir yang bernama Eka (35), menyampaikan "Saya hanya melihat ada orang yang melemparkan benda tersebut ke arah salah satu toko di Jalan Patuan Anggi. Setelah diperiksa ternyata benda tersebut mengeluarkan percikan api dan asap, kemudian saya lapor polisi."ujar Eka.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando memimpin langsung penyelidikan kasus teror bom yang terjadi di kawasan bisnis Parluasan Kota Pematangsiantar. Dan beliau juga melakukan koordinasi dengan tim Gegana Brimob Sub Den 2 B Pematangsiantar untuk melakukan olah TKP dan memastikan keamanan disekitar area kejadian. Beliau juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik.

"Kami sudah melakukan penyelidikan dan olah TKP di lokasi kejadian, serta memastikan bahwa tidak ada ancaman lebih lanjut disekitar area tersebut. Dan kami masih menunggu hasil pemeriksaan Labfor Polda Sumatera Utara untuk memastikan, benda yang di temukan di TKP tersebut apakah bahan peledak atau bom."kata AKBP Fernando dalam siaran pers yang digelar dilokasi kejadian.


AKBP Fernando juga menegaskan bahwa pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan yang intensif untuk mengungkap pelaku dan motif dibalik tindakan teror tersebut. Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu dan memberikan informasi kepada pihak kepolisian apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Hingga saat ini, Polres Pematangsiantar masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap motif dan pelaku di balik tindakan tersebut.

Penulis    : Budi Kurniawan

Editor      : Sutan Malik